Belajar untuk Pemula Office Word, Excel, PowerPoint, Desain Grafis, CorelDraw, PhotoShop, Editing video, Vegas Pro, AutoCAD. Belajar Komputer & Photografi

Bahaya Panas Ponsel Anda



Terkadang dan mungkin juga sering terjadi bahwa pengguna smartphone HP Android juga BlackBerry (BB) mengeluhkan handphone-nya kok cepat sekali panas dan baterainya cepat habis!!! Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa fakta mendasar yang wajib diketahui, diantaranya sebagai berikut:

  1. Bahwa ponsel dengan label smartphone selalu menggunakan perangkat lunak (sistem operasi) dengan multifungsi.

  2. Dengan memiliki beragam ‘multifungsi’ yang dikemas dalam istilah ‘aplikasi’ yang melekat pada sistem operasi rentan terhadap crash/kesalahan software, registry, dsb.

  3. Smartphone seperti Android atau Blackberry umumnya memiliki aplikasi yang selalu ON terhadap jaringan internet, dengan kata lain dia akan tetap bekerja walaupun Anda sedang tidak menggunakannya.

  4. Jaringan yang tidak stabil pada HP atau ponsel anda seperti sinyal yang naik turun merupakan salah satu penyebab penting yang mengakibatkan Baterai cepat panas.
  5. Smartphone selalu dibatasi dengan spek-spek pembawaannya seperti kecepatan prosesor, kapasitas memori RAM dan GPU,
  6. Semakin banyak aplikasi yang terinstall dalam ponsel akan menyebabkan beban kinerja yang semakin berat.

Bahaya Yang Dihadapi :
1. iPhone Meledak Cederai Mata
     
Belum lama setelah kejadian meledaknya iPod yang terjadi di Inggris, kini Apple lagi-lagi harus tersandung masalah menyangkut kecelakaan yang diakibatkan gadget keluarannya.
Dimulai dengan suara berdesis, kemudian kaca layar yang pecah lalu berhamburan ke udara. Inilah kronologi meledaknya iPhone yang diceritakan oleh Marie-Dominique Kolega, ibu dari sang korban seperti yang dilansir detikINET dari GadgetCrave, Kamis (13/8/2009).

2. iPhone 4 Terbakar Hampir Lukai Tangan Pemiliknya
      
 Jakarta - Rupanya daftar 'cacat' iPhone 4 tak kunjung berhenti. Setelahbanyaknya keluhanseperti layar yang berbintik kuning, badan smartphone yang mudah tergores, fungsi antena yang tidak bekerja baik dan kegagalan fungsi sensor yangkelewat sensitif.Kini produk Steve Jobs itu kedapatan satu masalah baru lagi. iPhone 4 yang meledak!
Ya, iPhone itu meledak saat sedang terhubung dengan komputer yang menggunakan kabel USB dari Apple. Ini adalah pertama kalinya pihak AT&T selaku partner Apple mendapatkan keluhan seperti ini. Bagaimana tidak, setelah diperiksa, sebuah toko Apple mengkonfirmasi bahwa koneksi port USB itu memang rusak dari dalam dan bukan kesalahan pemakaian pengguna.

3. iPhone Terbakar Di Saku Celana
     
Jakarta - Kasus terbakarnya sebuah gadget bukanlah hal baru. Dan video yang terekam oleh CCTV berikut menambah daftar panjang kejadian tersebut.
Menurut laporan dari Kauppalehti.fi dan dilansir dari Ubergizmo, Rabu (4/7/2012), ada seorang pria di Finlandia yang ketiban sial saat membawa perangkat iPhonenya ke tempat kerja.
Dari jejak rekam dalam video berdurasi 44 detik ini, terlihat sang pria yang baru saja turun dari kendaraan tiba-tiba melemparkan piranti yang belakangan diketahui adalah sebuah ponsel besutan Apple

 4. Galaxy S4 Terbakar Hanguskan Apartemen
Jakarta - Kisah pilu terjadi lagi akibat malfungsi dari sebuah perangkat yang bernama smartphone. Kali ini Samsung Galaxy S4 tak hanya meledak, namun juga membakar apartemen karena salah antisipasi pemiliknya.


Kejadian ini terjadi di kawasan Hong Kong, Mr.Du -- nama pemilik Galaxy S4 tersebut -- sedang asyik bermain Love Machine di piranti miliknya. Entah kenapa, jadi mendadak meledak.

Galaxy S4 yang terbakar sontak membuat Mr.Du panik dan langsung melempar pirantinya tersebut ke sofa. Antisipasi keliru inilah yang kemudian bikin kondisi semakin runyam. Ponsel nahas itu justru membuat sofanya terbakar.

Tak pelak, api menjalar dari sofa ke seluruh isi apartemen Mr.Du. Beruntung, dia dan istri masih bisa menyelamatkan diri, walaupun seluruh isi apartemennya hangus tak tersisa.

5. HTC One X Terbakar
Taiwan - Setelah iPhone 5 dan Galaxy S4 yang dilaporkan overheat hingga terbakar. Kabar serupa kembali terjadi, kali ini korbannya adalah smartphone besutan HTC.Seorang pengguna HTC One X asal Taiwan melaporkan hal tersebut. Pengguna yang tidak disebutkan namanya tersebut mengatakan bahwa HTC One X miliknya tiba-tiba mengeluarkan api saat dalam kondisi sedang di-charge.
Kejadian itu pun secara cepat membakar sekaligus melelehkan smartphone miliknya tersebut.
dan masih banyak lagi berita terkait meledak terbakarnya HP seperti diatas. sumber
1. Gunakan android anda dengan benar
Apabila handphone android digunakan tanpa henti untuk chatting, SMS, dan menelepon berbarengan, maka panas akan muncul. Untuk itu gunakan handphone dengan wajar. Bila hendak berkirim SMS maka putuskan koneksi chatting yang sedang berjalan.
2. Kondisi lingkungan
Apabila udara dalam ruangan kelewat pengap dan panas, hal tersebut bisa menaikkan panas handphone android anda. Untuk itu gunakan handphone android pada area yang sejuk. Jauhkan hp dari perangkat lain misalnya PC ataupun laptop. Alat-alat elektronik lain bisa menyulut panas berlebihan pada handphone android.
3. Sinyal handphone
Jika sinyal pada tempat anda sedang kembang kempis dan ponsel kesulitan memperoleh sinyal tentunya komponen di dalamnya akan bekerja lebih keras untuk memperoleh sinyal. Sebaiknya anda tidak memakai handphone android untuk browsingint ernet bilamana sinyal handphone sedang lemah. Sebisa mungkin gunakan Aksesoris penstabil sinyal seperti "Golden Signal".
4. Aplikasi yang bekerja pada background.
Pada handphone android, biarpun anda sudah menutup aplikasi lewat menekan tombol back berulang-ulang namun masih saja ada sejumlah aplikasi yang tetap aktif pada background. Faktor itulah yang dapat menjadikan handphone anda lekas panas. Penyelesaiannya ialah dengan menutup aplikasi yang berjalan pada background menggunakan android task killer.
5. Periksa kualitas baterai handphone anda
Kalau baterai pada handphone anda sudah tua, tentunya akan lekas habis dan menimbulkan panas. Untuk itu ganti baterai yang sudah soak tersebut menggunakan baterai original sesuai dengan kapasitas daya baterai bawaan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment